2019-10-24

KEMENTERIAN PERTANIAN DAN PEMERINTAH DAERAH LEPAS EKSPOR KOMODITAS UNGGUL HASIL OLAHAN DAN LAUNCHING PROGRAM BEKERJA DI GORONTALO

BPTP GORONTALO
...

Gorontalo merupakan salah satu provinsi pengekspor produk pertanian di Indonesia, salah satunya yang paling dikenal adalah Ekspor komoditi jagung. Tidak berhenti sampai disitu, Kementerian Pertanian Melalui Unit pelaksanaan teknisnya di Daerah berkolaborasi dengan Pemerintah serta stakeholder terkait kembali melepas ekspor produk pertanian unggulan Gorontalo diantaranya yakni Tetes Tebu oleh PT. PG Gorontalo tujuan Philipina volume 16.000 Ton Tepung Kelapa oleh PT. Trijaya Tangguh tujuan Inggris voume sebanyak 25 Ton dengan nilai ekspor.

Acara pelepasan ekspor ini dirangkaikan dengan Launching Program unggulan KEMENTAN RI, BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera), yang merupakan program pengentasan kemiskinan desa dan peningkatan kesejahteraan berbasis kemiskinan.

Kamis, 24 Oktober 2019. Bertempat di Pelabuhan Anggrek, Desa Ilangata Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara. Acara dihadiri oleh Pejabat Pusat Kementerian Pertanian dan Pejabat Pemerintah Daerah, yakni Kepala Badan Karantina KEMENTAN RI, Dirjen PKH diwakili Dewan Pakar Program Nasional, Bupati Gorontalo Utara, Danrem 133 NANI Wartabone, Unsur Forkopimda Provinsi Gorontalo dan Gorontalo Utara.

Acara tersebut diawali dengan sambutan Gubernur Gorontalo yang diwakili sekda Prov. Gorontalo. Dalam sambutannya, Dr Ir Darda Daraba M.Si Menjelaskan tentang bentuk kegiatan Program Bekerja antara lain, pemberian 50 ekor ayam umur 4 minggu, Pakan 150 Kg dan Bantuan dana tunai untuk pembangunan kandang sebesar Rp 500.000, kepada masing-masing RTM (Rumah Tangga Miskin). Alokasi dan jumlah pendistribusian bantuan bekeja di Provinsi Gorontalo secara keseluruhan di 6 Kab/Kota.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Menteri Pertanian yang diwakili oleh Kepala Badan Karantina Pertanian Gorontalo sekaligus melepas ekspor produk pertanian Gorontalo ke luar negeri. Dalam Sambutannya, Ir. Ali Jamil, MP, Ph.D. mengungkapkan Apresiasi kepada pemerintah provinsi Gorontalo atas pencapaian prestasi dibidang Pertanian diantaranya mampu meningkatkan ekspor dan menekan angka kemiskinan sehingga Presiden RI melalui Kementerian Pertanian memberikan perhatian khusus untuk pertanian Gorontalo. Selain Gorontalo, diinformasikan juga bahwa Kegiatan ekspor ini dlaksanakan di Seluruh Provinsi, dengan melihat potensi pertanian yang bisa diekspor ke luar negeri,

Sub Sektor : Jagung
Komoditas : Tanaman Pangan
Teknologi yang Digunakan :